Jumat, 20 Desember 2013

Dakwah & Budaya: Menguak perjalanan Dakwah Sunan Kalijaga



ISC-KPK ---- Kamis,19 Desember 2013
Oleh Ustadz Jazir ASP (Direktur Masjid Jogokaryan YK)

Kalau saat ini kita berkunjung ke Spanyol –Andalus, dimana yang mayoritas nonmuslim. Tetapi  kita akan diajak melihat obyek wisata peninggalan kejayaan Islam seperti  universiti,  Masjid cordoba. Begitupun  juga dengan di India, penduduknya mayoritas Hindu tetapi kita akan diajak mengunjungi obyek wisata seperti Taj Mahal.  Berbeda dengan Indonesia yang penduduknya muslim, obyek wisatanya sebagian besar merupakan peninggalan agama Hindu seperti candi Prambanan, candi Borobudur  dan candi-candi lainnya. Ini fenomena!
 
Bahwa dakwah yang dilakukan di Spanyol dan India  melalui peperangan, ketika kejayaan Islam melengat dan orang lokal menguat maka  Umat islam dibabat habis hingga yang tersisa hanya peninggalan-peninggalan seperti bangunan saja.  Berbeda dengan di Indonesia Islam masuk  melalui jalur budaya, Apa yang terjadi?? Sebaliknya  justru kita umaty islam peninggalannya adalah kejayaan hindu dan Budha. Artinya, " Islam akan lebih bertahan ketika islam didakwahkan melalui jalur budaya bukan jalur peperangan ". Ini Fakta hari ini....

Dunia Sudah Bosan dengan peperangan. Maka kedepan Islam dengan jalur budaya ini akan menjadi pola dakwah  yang diterima di dunia internasional.  Kebiasaan perang telah menjadi pola, Ketika negara tidak eksternal terhadap agama lain, maka peperangan terjadi antar kelompok dalam agama Islam sendiri  seperti yang terjadi di Mesir, Irrak, Afghanistan, Suriah, dll. Afghanistan ingin belajar dg Indonesia yang Islamnya bermacam-macam aliran tetapi tetap rukun dan damai.


Indonesia sebagai Mayoritas Islam didunia dg berbagai aliran (islam sontoloyo, islam liberal, islam syiah, sunni, dll) tetap.

Negara kami mencontoh dari tokoh pan Islam dari Afghanistan yaitu Syekh Jamaludin Al Afghani, “” Dasar negara kami adalah tauhid- Ketuhanan yang maha esa. Para pemimpin kami bisa bersikap adil beradab.

Ketika dakwah disebar melallui budaya


Islam di Indonesia yang telah berkembang selama 800 tahun yang masuk melalui jalur budaya hingga kini menjadi mayoritas negara muslim terbesar didunia.  Dikirim tim ruats 9 (Tima dakwah Pertama) orang:
  1. Syekh Subakir; ahli penobatan 
  2.  Maulana malik Ibrahim (Gujarat); ahli pertanian 
  3.  Maulana Maghribi; ahli pertanian, ahli bela diri/senjata 
  4.  Maulana Taqiyudin (ahli Politik) 
  5.  Syekh Jumadil Kubro 
  6.  Halim abu  hurain dari Mesir
Tim Kedua dari Cina:
Raden Rahmat (sunan Ampel) yang menikah dengan Nyi Ageng Manila (Filipina)  dan punya anak yang bernama sunan Bonang

Shio Ban Chi – R Brawijaya; melahirkan Aryo sumasang yang kita kenal sebagai Raden patah.

Sunan dari persia, maroko, gujarat, negara timur tengah dikirim Kesultanan Ottoman Turki  untuk berdakwah di Indonesia (kawasan Asia Tenggara)


Sunan kalijaga ketika masuk Islam digundul dan disunat, karena malu ketika bertemu dengan orang cina  yang berambut panjang dikucir, akhirnya beliau  yang memakai Iket (blankon) agar mampu  berbaur dan bercengkrama dengan lingkungan tersebut  yang  memang banyak orang cinanya.


Syekh jafar Shodiq ditugaskan di dekat demak yang disebut al quds (Kudus) dengan masjid al Aqsa.  Sunan kudus membangun masjid yang berasitektur hindu untuk menghormati  umat hindu di kudus.  Beliau juga memiliki beberapa murid, para murid ini turut membantu dalam dakwah yang dilakukan oleh Sunan Kudus yaitu Kyai tlingsing (ahli bela diri) dan sum kim Ang (ahli Ukir) dari Cina hal ini dibuktikan dengan adanya motif burung Hong dari Cina pada ukiran Jepara (Jawa).
Dakwah Budaya lebih kuat dari dakwah melalui politik.  Teori Persepsio: hukum syariat telah diterima oleh umat Islam di Indonesia

*Salah satu contohnya adalah: Macam-macam produk bank syariah yang menggunakan  bahasa arab, susah dilafalkan membuat orang bingung.  Maka pertumbuhan bank syariah  susah berkembang  karena masalah komunikasi. Sebaiknya nama-nama itu diganti dengan bahasa jawa yang mudah, tetapi esensinya tetap ada.

Islam Universal- rahmatin lil’alamin
Islam Transnasional: Islam dari allah dan rosulnya ditafsirkan melalui  nasional seperti (mesir, palestina, pakistan) yang kemudian diduniakan
  • ·         Hasan al Banna - Ikhwanul Muslimin di Mesir
  • ·         Jamaah Tabligh dari India
  • ·         Taqiyudin alaqbani -  Hizbut tahrir (HTI)
Orang islam melayu lebih  besar dari dunia Arab, maka kelak orang arab akan belajar bahasa melayu.
Ketika sunan  Ampel & maulana menghadapi portugis, maka Islamnya belum sempurna
Islam indonesia masih bertahan smapai kemerdekaan dengan presentase 95% dari jumlah penduduk.
Bangsa eropa yang menjajah selama 350 tahun tidak mampu menyebarkan agama nonislam.
Anak-anak Pribumi  yang sekolah di sekolah belanda yang karena pengaruh lingkungan pendidikan kemudian berpindah agama karena kultur budaya sekolah eropa yang mengajarkan agama kristen/katolik.
Jika kita tidak segera mengusai teknologi dan media maka kita kan menjadi  dikuasai Cina.
Ekonomi Cina yang kuat, peradaban dan budayanya juga.  Cina diprediksi akan menjadi Negara Superpower menggagantikan Amerika yang sudah Bangkrut karena banyak ikut perang diberbagai negara.

Indonesia harus bangkit.  Seluruh Umat Islam harus bersatu.  Jika Ingin bangsa Indonesia ini maju maka Pilihlah pemimpin Muda.  Presiden Indonesia idealnya berumur 45-50. Jika ingin Indonesia menjadi negara yang Stroke maka pilihlah Orang tua  yang usianya lebih dari 55 untuk tahun memimpin Negeri ini.  Ketika Presiden Soekarno menjabat Usia beliau masih 42 tahun, usia M Hatta masih 35 tahun, dan Perdana Menteri termuda di dunia adalah Sutan Syahrir yang berusia 27 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar